Mengotomatiskan strategi pengadaan dan pembelian Anda dengan e-procurement

Group of business partners in formal suits pointing at office building, meeting outdoors, discussing real property. back view. commercial real estate concept Free Photo
Pengadaan dan pembelian keduanya termasuk dalam proses menyeluruh yang dikenal sebagai Siklus Procure-To-Pay . Siklus ini mencakup semua langkah yang harus diambil perusahaan untuk mengidentifikasi dan memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan untuk berbisnis yang di sebut procurement management. (Dengan kata lain, pengadaan dan pembeliannya digabungkan).

Untuk membantu Anda memvisualisasikan bagaimana pengadaan dan pembelian saling mendukung selama siklus ini, berikut adalah saat kedua fungsi ini terlibat dalam Siklus Pengadaan-Untuk-Bayar.

  • Langkah-langkah pengadaan dalam siklus pengadaan-untuk-pembayaran
  • Identifikasi barang dan jasa yang dibutuhkan
  • Setujui permintaan pembelian
  • Pembelian
  • Identifikasi pemasok
  • Mengirim Pertanyaan (RFQ dan RFP)
  • Tanda terima penawaran dari pemasok
  • Negosiasikan harga dan persyaratan
  • Pilih vendor

    Langkah-langkah pembelian dalam siklus pengadaan-untuk-pembayaran
    Akui pesanan pembelian
    Pemberitahuan pengiriman sebelumnya
    Terima barang
    Manajemen persediaan
    Pencatatan Faktur
    Pertandingan 3 Arah
    Pembayaran ke Pemasok

    Mengotomatiskan tugas pengadaan dan mengoptimalkan Siklus Pengadaan-ke-Pembayaran dengan perangkat lunak pengadaan elektronik dapat berdampak signifikan pada keuntungan perusahaan Anda.

Platform manajemen pengadaan dan pengeluaran seperti Procurify dapat membantu tim Anda mengawasi semua aktivitas pengadaan dan pembelian dengan lebih baik dengan fitur-fitur seperti:

Beli fungsionalitas permintaan untuk semua orang di tim
Alur kerja pembelian dan pengadaan
Pembuatan, persetujuan, dan penyimpanan pesanan pembelian
Katalog vendor yang disetujui yang dapat diakses setiap anggota tim secara online
Sistem persetujuan berdasarkan lokasi, departemen, dan ambang batas dolar, yang mudah diikuti oleh karyawan dan manajer pengadaan
Aplikasi seluler yang membantu Anda meminta, menyetujui, dan menerima barang saat dalam perjalanan
Manajemen vendor dan pelacakan kinerja vendor
Pencocokan 3 arah
Ekspor data ke sistem akuntansi Anda
Efisiensi yang dapat dibawa oleh pengadaan dan pembelian perangkat lunak ke strategi pengadaan perusahaan Anda dapat menghilangkan pengeluaran berlebihan dan menghasilkan penghematan besar (baik waktu dan uang), terlepas dari ukuran organisasi Anda.

Kesimpulan
Pada akhirnya, pembelian adalah proses dalam proses pengadaan yang menyeluruh. Meskipun demikian, pengadaan dan pembelian seringkali dapat saling dipertukarkan. Dalam dunia bisnis, praktik penggunaan terminologi serupa baik dalam percakapan maupun materi cetak merupakan hal yang rutin, meskipun seringkali membingungkan dan harus dihindari.

Pengadaan berkaitan dengan sumber aktivitas, negosiasi dan pemilihan strategis barang dan jasa yang biasanya penting bagi suatu organisasi. Pembelian, bagaimanapun, menjelaskan proses pemesanan barang dan jasa. Selain itu, pembelian juga menggambarkan fungsi transaksional pengadaan barang atau jasa.

Leave a Comment